Home / Tupoksi

Tupoksi

                                       Tugas Pokok dan Fungsi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

Dalam Peraturan Daerah Kab. Polewali Mandar Nomor 37 Tahun 2017 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Susunan Organisasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mempunyai tugas yaitu melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah di bidang Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  yang dalam melaksanakan tugas tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan kebijakan teknis di bidang kesatuan bangsa dan politik;
  2. Pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang kesatuan bangsa dan politik:
  3. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang kesatuan bangsa dan politik;
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Selanjutnya, tugas pokok dan fungsi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dapat pula kita lihat dalam Peraturan Bupati Polewali Mandar Nomor 26 Tahun 2009 yang telah diubah melalui Peraturan Bupati Polewali Mandar Nomor  30 Tahun 2011 sebagai penjabaran Perda Nomor 9 Tahun 2009. Dalam Peraturan Bupati ini yang khusus mengatur mengenai tugas pokok dan fungsi lembaga teknis daerah, diatur pula perihal kedudukan dari masing-masing lembaga teknis bersangkutan. Kedudukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik sebagai salah satu lembaga teknis daerah adalah sebagai unsur pelaksana tugas Pemerintah Kabupaten dalam bidang Kesatuan bangsa dan Perlindungan Masyarakat yang dipimpin oleh seorang Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Dalam pasal 296 Peraturan Bupati dimaksud disebutkan bahwa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mempunyai tugas pokok membantu Bupati memelihara dan melaksanakan tugas Pemerintahan dan tugas pembantuan dibidang pembinaan kesatuan bangsa, perlindungan masyarakat dan stabilitas keamanan.

Organisasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Perlindungan Masyarakat terdiri dari:

  1. Kepala;
  2. Sekretariat;
  3. Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan, Karakter Bangsa serta Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya;
  4. Bidang Politik Dalam Negeri;
  5. Bidang Organiasasi Kemasyarakatan, Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional;
  6. Kelompok Jabatan Fungsional.

Adapun tugas pokok dan fungsi dari masing-masing bagian di atas dapat dilihat → disini